0

Angkot...My others place to improve

Akhirnyaa....aku menulis tentang salah satu dari moda transportasi ini blogger-emoticon.blogspot.com

Angkot (ini sebutan untuk bandung dan sekitarnya "sepertinya"), kalau di kotaku (pangkalpinang yang indah itu) disebutnya "tambang": misalnya mau ngajakin naik angkot bilangnya gini " nambang yo", nah, kalo di palembang (kotaku juga,ngaku-ngaku) disebutnya "taksi" hahahha, cerita seru waktu pertama kali naik angkot di palembang, gara-gara bimbel dan nggak ada orang yang jemput aku sehabis bimbel (biasanya kalo nggak oom ya tante, kalo nggak kakak2/adik2 sepupu, direpotin smua dahhhh), temenku ngajak pulang barengan, beginilah dialognya:

temen: Payo pulang betaksi !(ayo pulang pake taksi)
aku : hah? taksi? aku dak bawa duit banyak, tadinyo kan nak dijemput tp katek yg jemput (hah?taksi? aku nggak bawa duit banyak, tadinya kan mau dijemput tp nggak ada yg jemput)
temen: aiii, dak mahal pulok betaksi tuh, madak i dak punyo duo ribu kau ni? (ah, nggak mahal koq naik taksi, masak dua ribu aja nggak punya?)
aku : hah? duo ribu bae? bukannyo kalo taksi minimal 15 ribu yeee?(hah? Dua ribu aja?bukannya kalau taksi minimal 15 ribu ya?)
temen: Hmm...caknyo kawan kito ni (sambil megang pundakku), dak tau taksi itu apo? say, taksi itu angkot. (hmm..sepertinya, teman kita ini, belum tau taksi itu apa? Say, taksi itu angkot)
aku : what? Angkot ruponyo yee...aiii...ngapo dak bilang dari tadi...payolah kalu cak itu kito betaksi be balek. (what? angkot rupanya ya, ah...kenapa nggak bilang dari tadi..ayolah kalo gitu kita pulang naik angkot aja)
----ending----

Nah, itulah sedikit nama lain angkot, aku belum tau nama lainnya selain yg telah ku sebutkan itu, ntar deh, ku tambahin lagi kalo udah nemu yang baru.

Angkot itu, sekolah lho bagiku, kenapa? yah...selama di bandung angkot jadi pilihan terbaik, hihihi. Karena terlalu sering naik angkot, feel yg ku dapatpun beraneka ragam, ada rasa pahit, manis, kecut, asem, dll. Smuanya akan ku share disini InsyaALLAH, cuma penggolongannya ku kembalikan pada diri blog readers sekalian ya, kan selera kita nggak sama.
Berikut yg bisa ku share-kan blogger-emoticon.blogspot.com

1. dari angkot aku mengenal Cinta
loh, koq bisa? hahahah, ya bisalah, misalnya: yang ditaksir itu tiba-tiba seangkot(hohoho). Nggak dink, aku banyak mengenal cinta disana: aku pernah pergi pake angkot pagi-pagi, nah di angkot itu ada adek-kakak, mereka masih SD, baru mau berangkat sekolah, sang bunda hanya bisa nganter sampe mereka naik angkot, si kakak dengan lembut bilang: adek, sebelah sini ya, kakak yang sebelah pinggir, soalnya banyak angin,ntar adek sakit; tasnya kesiniin, kakak yang pegang, sang adik dengan tersenyum manis ke sang kakak dan bilang makasih [ini adegan romantis bagiku, dan berharap,kalau dikaruniai anak, punya anak yg sholeh kayak gini]---ada nenek-nenek naik angkot dan semua refleks untuk memberi posisi duduk terbaik bagi si nenek---ada ibu-ibu dan anak2nya yg masih kecil2 naik angkot, tanpa disuruh semua penumpang secara otomatis menawari anak tersebut duduk sambil memegang tangannya biar gak jatuh masuk angkot--ibu-ibu yg nampak penuh pegangannya dengan barang belanjaan juga gitu,pas mau naik angkot,sama, semua pingin bantu, dari ibu itu masuk sampai duduk di angkot--so on...so on...Yang jelas, ada cinta disana.

2. dari angkot aku mengenal cemas telat
Lucu loh kalo liat ekspresi wajah2 mereka yang khawatir telat sampai ke suatu tempat(termasuk wajahku keknya), dan smuanya pasti bertingkahlaku aneh:misalnya, komat-kamit (ntah itu komat-kamit ngatain mang supir, atau doa biar ALLAH berikan hidayah tu supir cepet jalan,atau hal2 yg lain), biasanya yg sering gini tuh kaumku, kaum hawa yang cantik ini, so far, baru dikit nemu cowok2 yang gitu...habisnya mereka kan bisa banget nyimpen rasa, sampe2 nggak berasa mungkin.hihihhi

3. dari angkot aku mengenal penantian dan mengambil keputusan
Gimana caranya? ya itu...kalo mang angkot yg sok pede nungguin penumpang dan tuh penumpang blom jelas bakal naik ato nggak, dia tetep nunggu dan pada akhirnya tuh penumpang nggak naik tu angkot (aku hanya bisa senyum dan mikir, oh lain kali, kalo aku nunggu seseorang, harus dengan alasan yang jelas, jangan sampe ngelakuin hal sia-sia), ada juga mang angkot yg nggak suka nge-tem(nunggu penumpang)<---ku golongkan mereka tipe penganut aliran pasrah dan tipe penganut aliran kalau rezeki nggak kmana, nah..ada juga mang angkot yang nunggu dan dapet tu penumpang(karena sebelumnya dia nanyain ke penumpangnya)<---ini baru golongan keren menurutku, karena ada usaha maka ada hasil, dan penantiannya benar2 penantian yang beralasan.

4. dari angkot aku mengenal "mereka yang sedang marahan"
aku pernah seangkot dengan penumpang yg lagi marahan satu sama lain (keknya mereka pacaran), selama perjalanan tuh cewek diliatin mulu sama yg disebelahnya (pastinya ini cowoknya), ditanyain kalo ngetik sms itu sms untuk siapa?pas ceweknya geser ke sebelah untuk ngejauh dari posisi duduk si cowok, si cowok ngikutin, sampe mereka turun dan masih marah2an...hahahha...

5. dari angkot aku mengenal lagu-lagu terbaru
hahahha, selera mang angkot tuh berbeda-beda, ada yg hobinya dangdut, lagu-lagu lawas, dll...biasanya mereka puterin lewat radio...jarang tape..yang jelas, biasanya habis denger lagu-lagu dari sana, aku jadi teringat lagu itu, bisa kenal lagu itu,,,dan kalo temen2 nanya, eh, baru tau ya lagu itu, ku jawab, iya, darimana?, dari angkot, dan mereka ketawa terbahak2...sambil bilang, update donk, neng...***bukan tipe peng-update lagu sih
Ohiya, sumbernya bukan hanya dari itu lho, tapi dari saudara2 kita yang ngamen juga, ada yang suaranya bagus, ada juga yang alakadarnya...

6. dari angkot aku mengenal tipe orang
dari yang suka buang sampah di angkot, yang suka nge-lap bekas minyak gorengan di tangannya di kursi angkot&langit-langit angkot, dari yang suka buang ludah di angkot diem-diem, dari mereka yang suka berbagi (baru mau mulai makan snacks,dia nawarin gitu;bagi untuk buka puasa walopun hanya permen;bagi tempat duduk karena ada loh yang pelit geser;bagi tisu buat yg pilek;bagi asap rokok-udah tau ngerokok dan naik angkot bukannya dimatiin itu rokok;bagi-bagi batuk--belum terbiasa pake penutup mulut kayaknya,padahal bisa pake tisu atau masker--), yang suka tidur di angkot juga ada (sayangnya, aku juga kalo kecapean suka ketiduran di angkot apalagi ditambah macet+perjalanan jauh), dsb...dsb...

7. dari angkot aku mengenal keramahan
favoritku itu kalo naik angkot dan di sebelah tempetku duduk ada ibu-ibu, disenyumin itu ibu biasanya langsung nyapa sampai-sampai ada yang curhat loh tentang kehidupannya, subhanallah, indahnya ukhuwah itu Ya Rabb ^__^, juga kalo ada anak-anak kecil, disenyumin dia langsung malu-malu gitu, disapa deh, kalau aku pas lagi bawa snacks pasti ku tawarin itu adek...hehhehe lumayan, nambah relasi.


8. dari angkot aku jadi tambah sayang Ayahku...
Jadi sadar kalo uang seribuan bahkan lima ratus itu berarti,,,salut deh bagi mang angkot yang rela bolak balik buat menuhin "rit" biar setoran banyak, makanya kadang kalo nggak buru2 amat aku nggak apa2 kalo mang angkotnya nge-tem, tapi kalo buru2 banget aku suka kesel juga...biasanya diakhiri istighfar dan harus nyalahin diri sendiri, kenapa nggak pergi lebih awal, dsb, dsb...jadi sayang ayah, pengorbanan seorang ayah dalam mencari nafkah...Love Ayah..mmmuachhhh *___*

9. dari angkot aku mengenal pungli-pajak tidak sopan, bahasaku-
Aku itu observator detail, suka banget ngamatin sesuatu. Heran aja, banyak banget pungli dengan korban mang angkot ini, nta apa aja itu fungsinya, yang jelas ada bayar untuk petugas dishub (okelah kalo ini, mungkin), bayar serebu diganti minuman sejenis air mineral atau teh botol terus dicatet ritnya, setiap lewat harus bayar lho, kebayang dah sehari bisa bayar berapa dan sampai sekarang aku belum berhasil nanya itu apa sih sebenernya ke mang angkot (terus berusaha biar tahu itu apa.), terus bayar kalo lagi nge-tem ada penumpang naik (mungkin tu penumpang bukan bawaan si calo angkot, tapi tetep aja bayar, 1 orang gopek gitu deh...)
Fiuhhhhh.....banyaklah pokoknya...ntar aku cari tahu lagi deh tentang ini...

10. dari angkot aku mengenal apa itu jujur dan ikhlas
Banyak banget sifat mang angkot yg patut ditiru atau dihindarkan: ada mang angkot yang jujur dengan tarif(mau itu kita orang baru yang clingak-clinguk, mau itu bayarnya pake uang gede, atau dengan sopannya nanya dulu, ada 500 nggak?soalnya nggak ada kembalian, pasti kitanya juga ikhlas bilang, gak apa2 mang, ambil aja), namun, ada juga mang angkot yang ehem...ehem (suka bilang tarif yg lebih mahal buat orang baru alias orang clingak-clinguk+tu orang nanya2 alamat ini itu<---sasaran empuk banget buat dikasih tarif mahal, biasanya kalo nggak ngasih uang pas tarif lebih mahal, nggak ada kembalian 500 langsung nglonyor pergiiii tanpa nanya ke kitanya)...Aku sih lebih suka tipe 1, karena mang angkot jujur banget, itu lebih buat aku ikhlas luar biasa, kalo yg tipe 2 itu, pertamanya pasti aku jengkel, karena dia udah zalim, bukan masalah nilai uangnya, tp masalah kejujurannya itu lho, bisa ikhlas sih pada akhirnya cuma tetep nggak bagus dan biasanya ku tandain nih mang angkot buat dihindari naik angkotnya lagi.

11. dari angkot aku mengenal mereka yang rajin

rajin sarapan (selalu makan rotinya pas di angkot, teteh chinese ini yang selalu bertukar senyum ke aku, hihihihi, habisnya kami sering berada di angkot yg sama), rajin membaca (baca qur'an, baca buku kuliah, tapi sayangnya belum pernah ku temukan anak2 SMA baca buku pelajaran sekolahnya), rajin dengerin musik dari HP/BB/MP3/MP4nya (belum ada yg pake I-phone, hehhe), rajin bersolek (ahhhaaaa...ini mencontokan sifat manusia yang suka keindahan, keren dah....bisa eye shadow-an di angkot, bisa lipstik tanpa mengot-mengot guratannya,dll,dll)

12. dari angkot aku bisa lihat kehidupan...atap2 rumah yang berjejer , pijaran lampu2 dan bintang dari jembatan pasupati dan jembatan kircon, segerombolan kelompok di sekitar taman lalu lintas di malam hari, suasana pasar kircon dini hari, dan suasana jalanan bandung dini hari, kehidupan para pengemis, pengamen jalanan:cara mereka makan, bicara dan mencari uang, orang gila yang terlantar di jalanan, ketidakteraturan berlalu lintas (termasuk juga mang angkot yg jago nyalip), semuanya bisa ku amati dari angkot...

Begitulah kira-kira pengalamanku, silahkan diambil manfaatnya dan dihindari hal-hal yang tidak baiknya...

Bagiku, dimana saja bisa belajar, tidak perlu teori khusus jika yang akan mempelajarinya adalah hati..hati tidak seperti otak yang selalu butuh data, biarkan hati yang membawamu melihat kejernihan, melihat sisi dimana otak belum tentu bisa melihatnya. Akupun sedang berusaha menjadi mereka yang hatinya terkoneksi untuk menerima semua kebaikan yang ada, tidak peduli terhadap siapa yang mengenalkan kebaikan itu tapi peduli terhadap apa kebaikan yang ada itu, layaknya kata bijak " Dont ever see who is speaking, but See and focus on what he/she speaks"

Back to Top