4

Dari gambar ini....


Apa sih yang dirimu dapat dari liat gambar ini?

*Bapak penyapu jalan
*Jalan bersih habis disapu
*Motor parkir bukan pada tempatnya
*Pohon tumbuh di dalam trotoar
*Motor nyalip (padahal ntu jalan dua arah lho)
*Peralatan K3 bapak itu kagak lengkap (kagak bemasker, kagak bersarung tangan, etc)
*Tempat sampahnya? no comment

Ibrahnya apa?

Banyak, cuma aku ingin bahas satu. "Jangan berkebiasaan buang sampah semabarangan", kasihan bapak itu yang udah dari pagi nyapu jalan, kasihan pemeritah bayar petugas kebersihan tiap hari tapi jalanan tetep kotor, kasihan orang lain yang melihatmu buang sampah sembarangan tapi segan negur dirimu akhirnya ni orang jadi membiarkan kemaksiatan<---berbuat zalim yi: membuang sampah tidak pada tempatnya.

Hmmmm...tenang,,,yang nulis juga bukan si higienis, kamarku bisa sama seperti kamar nodame kalo lagi gak punya waktu banyak buat ngerapihin kamar tapi bisa [hampir] serapih kamar hotel bintang lima kalau lagi beres otaknya.

Pesan yang ingin ku sampaikan adalah "MENGHARGAI Orang Lain"...Kasihan bapak petugas kebersihan, kasihan mang angkot/bus/shuttle car. mang clening service.....Jika memang buang sampah di tempat yang semestinya belum jadi kebiasaan kita, maka cobalah Berempati pada mereka itu dulu sebagai alasan awalnya...

Banyak dari kita kalo ditanya,
tanya: "eh, koq buang sampah disini, sih?
jawab: "biarinlah, kan ada petugasnya", "yah, gpplah, toh ni bus/angkot/shuttle car kan tiap habis penumpang selalu dibersihin", "ih, bukan gue aja kali, noh...yang lain juga banyak"

Jawaban pertama: hmm....menyerahkan sesuatu sepenuhnya pada yang sah bertanggungjawab, padahal kita juga bertanggungjawab secara tidak sah (hampir sama kayak pernyataan dari orang kaya pelit, " Bapak/Ibu, kenapa tidak mencoba menyekolahkan anak dari keluarga miskin itu?", "Ya, enggak donk, kan fakir miskin diatur tuh haknya, diurus oleh pemerintah, ada koq di dalam UUD")

Jawaban kedua: hampir sama sih, intinya mengandalkan yang berkewajiban secara sah aja...

Jawaban ketiga: Sangat amat mencirikan nih orang tipe "pengekor", Naudzubillah kalo dia tipe pengekor kejelekan. Hmmmm...Kapan bisa melakukan sesuatu yang langsung keluar dari hatimu? <---kalo anak2 masih mungkin jawab gini, tapi kalo ni yang jawabnya udah dewasa, patut dipertanyakan kedewasaannya udah di batas mana.. Yukz, Jangan jadi "BEBEK"



Seandainya tiap diri kita sadar akan hal ini, dan bisa menyadarkan satu orang, maka Indonesia akan bisa seperti Singapura, No Polution, No garbage on the road...Mari mulai dari hal yang kecil, dari diri sendiri dan mulai dari detik ini...Save the wold clean, Guys....Malu sama yang punya bumi ini, kalau kita sebagai yang "numpang hidup" gak bisa jaga bumi.



Have a Great Life ^________^

4 comments

3 October 2010 at 22:03

Wew, berat kata2nya hahaha, salam kenal
auraman -> http://auraman88.blogspot.com

3 October 2010 at 22:17

yah...salam kenal juga (jiahhhhh, gaya lah si ucok...pura-puranya kita baru kenal gitu yah, cok?)

4 October 2010 at 16:03

enak aja, saya bukan ucok, Aulia Rahman

4 October 2010 at 19:52

pisssssssss.....gara2 manggil "u..k" langsung dicabut "follower"nya...ish..ish..ish

Post a Comment
Back to Top