7

Bangkitkan nilai-nilai moral lewat lagu daerah

Assalamu'alaikum...

hayy,rek..pripun kabare?

Aga kareba?

Moga sehat ya..Biar bisa tebar manfaat..^^

Ohya,aku mau berbagi kisah,hadeuhdeuh...Sejak merantau,aku mulai suka dengerin lagu daerahku..Ntah kenapa,mungkin pelepas rindu kali yaa? Jadi inget, dulu mana mau dengerin lagu daerah..Sekarang..??? Aku cukup bangga dengan semua lagu daerah yang ada di Indonesia..

Aku...Agak kaget juga sih,ngelihat anak-anak sekarang,koq pada tergila-gila dengan lagu yang mungkin nggak ada manfaatnya sama sekali(bahkan ada yang ngefans berlebihan), kebanyakan lagu yang ngajarin kita jadi nelangsa kalo tertimpa musibah (sebut saja patah hati misalnya), walaupun ADA juga lagu yang bisa ngasih semangat mis: Jangan Menyerah 'D'Masiv' dan Dunia Pasti Berputar 'ST12'..and manymore..Emang sih,masalah kek beginian itu bergantung dari taste dan tujuan masing-masing kitanya.


Lanjut bicara anak-anak..Anak-anak kecil sekarang sudah seperti kehilangan dunianya. Koq bisa? Iyalah,lihat tuh acara TV,dikit banget yang menayangkan acara sesuai dengan jam nongkrongnya anak-anak di depan tv (pengecualian bagi channel yang memang khusus anak-anak)..Acara musik,semuanya menyuguhkan lagu-lagu dewasa,jadilah anak-anak sekarang kecil-kecil dah bisa nyanyi 'lagu patah hati,lagu jatuh cinta,dsb,dll'...Sehingga,wajar ketika kita jumpai ABG pacaran gayanya dah kayak yg halal aja, wong dicekokin yang gitu-gitu..Perkembangan fisik nggak imbang dengan perkembangan psikis..T__T

Hmm..tapiii..Yasudahlah..smoga kita bisa menjadi bagian dari mereka yang bisa menjadi bagian dari mereka yang peduli dengan nasib penerus bangsa ini..

Anyhooo...

Aku berterima kasih kepada odong-odong yang mengingatkanku untuk mengoleksi lagu anak-anak yang sebagiannya merupakan lagu daerah di Indonesia.

Setelah ku dengar..Hmm..semuanya manfaat..semuanya berisi nasihat..misalnya Injit-Injit semut (Jambi) yang ngajarin untuk jangan bersedih.. hmm..Terus Soleram (Riau) tentang nasehat kalau punya teman baru teman lama jangan dilupa..

Hari ini aku lumayan banyak mendonlot lagu..diantaranya: Bungong jeumpa (Aceh), Ayam den lapeh (Sumatera Barat), Kambanglah Bungo (Sumatera Barat) , Butet (Sumatera Utara), Piso Surit (Sumatera Utara-Karo), Situmorang (Sumatera Utara), Timang-Timang anakku sayang (Jambi), Injit-Injit Semut (Jambi), Soleram (Riau), Dirut (Sumatera selatan), Bengawan solo (Jawa Tengah), Sajojo (Papua), Ambon manise (Maluku), Ampar-ampar pisang (Kalimantan Selatan)..

Suki desu..walopun banyak nggak ngerti tapi bisa dicari artinya di gugel..hihi..

Lumayan bikin semangat untuk tambah cinta ke Indonesia^^

Mencintai Indonesia yang penuh keberagaman yang pastinya semuanya pasti ingin hidup damai-menyayangi satu sama lain...Kenapa masih bawa bendera berbeda,ketika kita masih punya bendera MERAH PUTIH???

Yukkkkk tebar kebaikan >_<

Tons of love,

Vi^^

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

7 comments

27 April 2011 at 06:20

siiip.. sudah selayaknya kita mencintai lagu daerah, biar nggak diklaim sama negara lain. kayak lagu anak kambing saya tuuh yang diklaim malaysia..

ngomong2 soal malaysia, pashminanya udah nyampe belom yak?

27 April 2011 at 06:53

Akhrinya...bisa balas komen...

Hihi..janji buat posting pashminanya blum terlaksanakan,maaf ya sobat semua..segera diusahakan..

@Gaphe: udah,udah nyampe,nyampenya 2hari setelah tanggal pengiriman..anyhoo..matur nuwun nggih^^

27 April 2011 at 09:02

uda lama juga siy gak denger lagu daerah...
kalo pasdi rumah siy sering...

27 April 2011 at 09:25

mencintai indonesia melalui lagu daerah..contoh yang bagus *jempol ^^b

27 April 2011 at 12:33

I LOVE INDONESIA!
Benar sekali, mbak. Mendengar lagu daerah memang bisa membangkitkan rasa cinta tanah air.

makasih ya sudah mampir ke blogku.

27 April 2011 at 14:58

Emang gitu dek, cinta baru terasa ketika jauh dimata. Kayak sekarang nih, sedang mati-matian merindu masakan indonesia, untungnya disini banyak rumah makan Indonesia, jadinya ga terlalu susah.. :)

27 April 2011 at 17:26

Lagu daerah mesti dilestarikan..... I Love Indonesia & bangga jadi orang Indonesia.........:)

Post a Comment
Back to Top