5

aku suka Vanilla

Really...Really Love vanilla...


Sejak kapan yaaa?
ohya, sejak aku divonis mengidap Migrain Aura dan diminta untuk menghindari yang namanya cokelat..Sejak itu pulalah, aku mencari pelabuhan yang lain(halah...)...Nah mulai dari sono, tambah suka sama yang namanya KEJU dan mulai mencintai Vanilla..

So, mulai dari sanalah, segala makanan/jajanan yang ada citarasa cokelat ku ganti dengan vanilla..Cuma, sejauh ini masih belum ada Milo 3 in 1 rasa vanilla, jadi harus bertahan...wkwkkwkwk

Yuk,,,kenalan dengan vanilla:
Vanilla itu termasuk dalam golongan orchid..Tanaman Vanilla (Vanili) awalnya berasal dari Meksiko yang pertamakali diketemukan oleh Suku Aztec pada tahun 1573 di pinggiran hutan. Buah tanaman ini digunakan untuk Penyegar Minuman Cokelat dan Penyedap Tembakau. Tanaman ini semakin dikenal dunia setelah wilayah Meksiko ditemukan oleh orang-orang Spanyol, adalah seorang misisonaris Spanyol bernama Bernadine de Sahaqua yang tertarik pada tanaman ini. Tanaman ini masuk ke Indonesia pada tahun 1819 yang dibawa oleh seorang ahli botani bernama Marchal dan pertamakali ditanam di Kebun Raya Bogor.
Negara-negara produsen buah tanaman Vanilla di dunia antara lain: Madagascar, Meksiko, India, Uganda termasuk Indonesia. Di dunia terdapat lebih dari 110 spesies tanaman Vanilla namun patut diketahui bilamana hanya 3 spesies tanaman yang bernilai komersial: Vanilla Planifolia, Vanilla Fragrans Ames dan Vanilla Pompona Shcieda. Jenis Planifolia adalah jenis yang paling banyak ditanam di Indonesia dan memiliki Kadar Vanillin tertinggi dibandingkan jenis Vanilla yang lainnya.


Vanilla bisa dibuat apa aja yaaa?
Seperti fungsi dasar vanilla, yang lebih banyak sebagai essence, vanilla bisa menjadi campuran yang lezat dan menebarkan aroma menyegarkan...

Misalnya: Ice cream vanilla, Cake Vanilla, Teh vanilla....Yang begitu-begitulah fungsinya, truly deeply as an essence (hohohoho)

Sejauh ini sih, baru sampe makanan aja yang menjadi favorit. Kalo wewangian (aku jarang pake minyak wangi sih, eits,,,,syukurnya bukan tipe yang bau badan ), soalnya wewangian itu bisa menjadi pemicu aku buat Migrain, makanya ku hindari juga... Satu lagi deh, ku ceritain juga...Pemicu Migrain ku yang terakhir adalah CAHAYA (bohlam yang terlalu menyengat mata juga sangat bisa menjadi pemicu aku migrain, nggak boleh terlalu redup dan nggak boleh terlalu terang)...huaaa....Kasihan prince-ku nanti, susahnya tinggal bersamaku, maafkan...maafkan..semoga ia menerimaku dengan tulusnya (hikshiks)...

Pernah juga spa sensasi vanilla, mantep bener...berasa nggak mau keluar dari tempet spa ituh...hahhaha 

Mau tahu khasiat Vanilla(yang membuat aku suka vanilla)?

Menenangkan urat Saraf...dan membangkitkan Mood...Seperti yang sering ku uraikan, aku bermasalah dengan saraf dan mood...Ada satu lagi sih manfaatnya, males aku nulisnya, soalnya, aku takut itu beneran terjadi padaku (halahhalah), yaitu: Vanilla membantu menurunkan berat badan...whuaaa...jangan sampe...aku itu tipe orang yang susah amit naikin berat badan tapi dengan mudah menurunkannya (makanya nggak bisa-bisa aja jadi panda)

Someday, kalo dah punya rumah sendiri bersama prince, aku mau menanam beberapa vanilla di rumah, kalo dia berbunga, bisa ku jadikan hiasan di ruang tengah...love sweetie ^___^

5 comments

11 January 2011 at 21:25

kalo aku, kurang suka vanila....
yah...namanya selera...

salam kenal deh...

11 January 2011 at 21:55

*habis mengunjungi TKP pengomen

Salam kenal juga lae...

Senangnya aku, walker kali ini dari kabanjahe ^___^

betul kalilah itu lae, selera kita kan beda-beda..hehhe

Jangan bosan berkunjung lae...

11 January 2011 at 23:51

wah saya senang dengan coklat / es cream / susu rasa vanila teh hehe

12 January 2011 at 08:45

kalo aku suka semuanya,,,,
hehehehe

13 January 2011 at 12:21

wahhhh, info bagus tentang vanilla nih. hehehe....
Kalo aku sukanya es krim vanilla teh... :D

Post a Comment
Back to Top