3

Belilah karena BUTUH bukan karena INGIN

Pernah nggak sih, habis beli sesuatu ngerasa 'koq aku beli ini ya? Padahal nggak pernah dipake, nggak manfaat jadi milikku?', dsb, dll, etc...Pernah nggak sih, niatnya 'menemani' teman belanja tapi pas di perjalanan pulang, ngelirik koq belanjaan kita yang jauh lebih banyak daripada si temen yang mau beli.

Biasanya ini terjadi pada kaum hawa yang suka WS-an (windows shopping a.k.a belanja jendela), hehe...Biasanya kaumku ini suka banget borong sana-sini, beli ini-beli itu...Alasannya sih klasik, misalnya: 'lucu sih', 'harganya keknya oke banget', dll, dsb...Tidak sedikit yang mengesampingkan nilai kebutuhannya, fungsinya, dsbnya.. 

Dalam rangka memperbaiki sifat suka 'asal belanja', aku mau share dan kali-kali ada yang nimbrung n feedback ^_____^

Pengalaman banget, pas masa-masa pertama kuliah, aku dan teman-teman suka banget nge-mall, suka banget ke gasibu (karena di bandung) atau ada pameran apa kek yang bisa jadi ajang belanja. Alasannya sih nyenengin banget, yaitu pengen menghias kamar biar betah belajar gitu,  walhasil dari kamar yang tadinya kagak punya apa-apa menjelma hampir mirip kek toko kelontong, hahahah... 

Aku pernah Begaya pake lampion kertas (yang ini rusak karena sobek), tirai (dari mulai yang hand-made sampe yang terbuat dari plastik warna-warni<-----sok girly), ada bunga pulak sodara-sodara (kaktus sih, habisnya lucu bunganya, whew, 3 kali beli kaktus mati donkkkk lembab n suka didekam dalam kamar tanpa udara), ada pet juga (kura-kura, ikan, untung nggak sampe pelihara Panda,xoxo, kronologis matinya mereka hampir sama kek nasib kaktusku..), Boneka (hwehhweh, ada yang dikasih pas bday ada juga yang beli, nah yang beli ini, si boneka diskonan, cakep banget, gendut dulunya, sekarang udah agak kurus), betah menemani sampe sekarang (udah banyak yang minta lho boneka ini), dsb....Lumayan banyaklah...Ntah apa-apa aja....heheh

Jadi begini menurut pengalamanku untuk menerapkan 'analisis sebelum membeli itu susah banget', alasannya, biasanya sih:

1. Udah jatuh cinta duluan sama ni barang
2. Harganya oke dibanding harag sebelum-sebelumnya (yg pernah kita tau)
3. Sok tau makna Unik, padahal aslinya kita bukan tipe orang yang suka keunikan
4. Ini yang agak parah, kalo partner belanjanya suka ngomporin dan suka belanjaaaa pasti kepengaruh
 5. Anyone?...#aku habis ide#
Terus gimana donk biar nggak jadi shopping-addicted? Menurut aku nih ya (pengalaman...)

1. Bikin jadwal belanja (misalnya, persediaan buku bacaan dah habis, butuh dress buat ke kondangan)
2. Bikin prioritas kalo pas WS-an ketemu barang lucu..Apalagi kita udah punya sebelumnya...
3. Kalo keinginan kuat padahal prioritas lemah, rayu dan ajak bicara hati, kalo aku sih, semangatnya gini 'mending di-saving aja, kan katanya pengen beli sesuatu misalnya, atau yang paling alay bagiku adalah alasan, mending dii-saving, kan mau punya abaya buat wedding dari uang sendiri, heheh)
4. Kalo hantu boros masih maksa, kasih tuh bayangan sodara-sodara yang nggak bisa belanja kek kita, posisikan kita jadi mereka
5. Cari barang itu gak apa-apa mahal asal sesuai kualitas, biar nggak beli berkali-kali (that's why i love branded things), misalnya sepertiku yang suka banget sepatunya rusak, jadinya harus beli yang kuat dan awet biar nggak kebuang percuma uangnya..Terus, cari barang yang sesuai kondisi kita, misalnya: kita tipe outdoor beli sepatu kebanyakan yang girly semua (i mean, sepatu yang nggak kuat kalo dibawa out-door, jadi deh alesan buat beli yang outdoor)
6. Kalo emang udah nggak ketahan, yah beli ajalah, daripada jadi sesal, hahahha...


Kalo nomor 6 terjadi, di suatu hari pas kita sadar kita ternyata nggak butuh...lakukanlah hal ini:

-Bikin sebuah refleksi 'udah boros dan kebawa nafsu'....tobat habis ntu...
Nah, mengenai barangnya, lebih baik disedekahkan aja, dihadiahin ke siapa kek yang kira-kira butuh, mudah-mudahan dengan adanya barang itu di orang lain jadi lebih manfaat dan kita dapet nilai kebaikan, kalo ngasihnya ikhlas ^___^ -


Pengalaman terakhir dariku, aku begitu cinta diriku soalnya gara-gara bisa mengambil keputusan besar ini:
Bulan kapan ya? aku pengen ganti HP, isenglah hunting Hp yg lagi in, nemu 'LG Lollipop, HP ini jadi favorit remaja n orang-orang yang fashionable di Korsel, Seoul tepatnya. Padahal aku dah menimbang-nimbang mau beli BB aja soalnya kebutuhanku ada disana, tapi karena nafsu aku beli deh tu HP LG Lollipop, awal-awal sih nggak ngerasa ribet sama flip plop-nya, cuma setelah 3 minggu koq ribet ya, mana bentuknya panjang lagi, jadi agak kerasa nggak ergonomis buatku, terus pas download koq nggak asik ya...Jadinya ku putuskan untuk dijual saja (pas dijual harganya turun 1,3 jt donk, belinya di 2,3 jt), nggak bisa nyalahin si abang counter karena LG cepet banget turun harganya...Sebelum menjual LG itu, aku bikin analisis donk (sebagai hukuman sikapku yang terburu-buru), aku analisislah beli BB yang seri apa, jangan sampe nyesel pulak ntar, compatible nggak buatku (ntar beli handled dah canggih, eh akunya nggak bisa pake kan brabe) terus aku belajar deh,,,,dari googling bahwa BB tuh kek gini,.kek gitu...dan Taraaa.....akhirnya aku beli BB Curve 3G...harga lumayan, fungsi juga oke...walopun ya gitu, kameranya remang-remang, biarinlah....kan mau nabung beli SLR,heheh...Akhirnya, aku bisa deh membeli sesuatu karena butuh bukan karena ingin...

Selamat mencoba sobat ^___^...Hiduplah dengan apa-apa yang kita butuhkan bukan dengan yang kita inginkan, biar nggak rakus dan tamak...Koruptor hidup karena ingin, makanya nggak pernah mikir orang lain...Kalo pencuri biasanya karena butuh, makanya cepet tobatnya...Kalo koruptor kan keknya nggak kapok-kapok buat korup...

with love,

vi^^


3 comments

18 February 2011 at 13:26

haha,bener vi..keseringan kalo laper mata ama belanjaan karena ingin,bukan butuh!

tapi semenjak tahu n' ngrasain kalo nyari duit itu susah..aku lebih pilih2 sekarang.

Bisa dibilang jarang banget belanja kalo nggak bener2 butuh. Duitnya sih aku tabung buat kebutuhan yang paling aku ingini :)

18 February 2011 at 22:27

Saya ada usul.. bagaimana kalau ke mall cuma bawa duit cukup buat ongkos pulang aja?

Anonymous
24 February 2011 at 11:16

salam kenal... ijin coment mbak...

setelah baca2,,, kok jd merasa di tampar ya...
langsung liat isi kamar semuanya...

Hmmmmm.. nafsu memang susah untuk dikalahin...

(susah bukan berarti tidak mungkin)!!

Post a Comment
Back to Top