Agribusiness For Prosperity..Run Indonesia!!! Run!!!!

Pagi tadi, setelah bangun dari tidur yang penuh dengan mimpi aneh#seaneh lamunan Ramona waktu main gelantungan di tiang#, langsung menuju tv dan dapet acara seru banget...Acara apa itu.??..Yeahhh....Launching Agrinex Expo 2011, kebetulan banget yang lagi berdiri menyampaikan sepatah dua patah kata, yaitu Bapak Hatta Rajasa. Walopun nggak mantengin dari awal-akhir, yang jelas, satu permasalahan yang paling crusial adalah perihal Pemangkasan Inefficient cost. Inefficient Cost ini adalah Biaya Logistik sodara-sodara.

Ya itu dia, biaya logistik yang membuat semuanya mahal. Misalnya: Kejadian musim gelombang tinggi kemaren cukup membuat resah penduduk yang menjadi pembeli di industri hilir, selain harga mahal kadang malah susah didapatkan barangnya. Begitupun petani yang tidak tahu hendak kemana memasarkan hasil panennya, misalnya: karena tidak cukup mempunyai koneksi pasar,untuk urusan koneksi inilah yang sering dimanfaatkan oleh pihak yang suka rakus, yaitu para tengkulak (eh eh, di masa sekarang masih disebut tengkulak nggak yaaa???)

Fasilitasi seperti apa yang bisa pemerintah tingkatkan disini? Menurutku sih, misalnya: 
- Perbaikan sarana dan prasarana transportasi yang bisa memperlancar proses logistik

- Kembangkan Asosiasi seperti yang terbentuk dalam Agrinex yang bisa menjadi sumber informasi bagi para produsen, distributor dan konsumen

- Sosialisasi, karena kebijakan atau peluang-peluang yang disiarkan di pusat, banyak yang tidak sampai di daerah. Disini juga termasuk penyediaan wadah diskusi mengenai masalah-masalah yang ada di daerah.

- Modal...

Segitu aja dulu pikiranku..

Dan ku ucapkan Selamat untuk Launching Ekspor Perdana Sayuran ke Singapura yang berasal dari petani-petani terbaik Kabupaten Karo, Sumatera Utara (2/3/2011)...Semoga terus menanam kebaikan di setiap usaha yang dilakukan ^______^

Ayo...Ayo...Semangat bertani...Semangat Membangun Negri
with love, 

vi^^

1 comment

5 March 2011 at 10:21

wuihhhh, postinganmu pasti mengarah ke bisnis...tambahan neh, buat aku :)


walau banyak kata asing, aku coba mengertikan dari penjelasanmu. Aku setuju ! ayo2 yang semangat untuk semua warga negara di Indonesia :)

Post a Comment
Back to Top