3

Welcome Ramadhan#1

Assalamu'alaikum ^__^


heyheyhoooooo


sehat semua? Hopefully, Yes yaaa..


Sudah Mei (lagi)..Waw,tak terasa bentar lagi ramadhan nih..Kalau idul fitri secara predict jatuh di tanggal 30 agustus it means that mulai bulan ramadhan adalah 1 bulan sebelum 30 agustus tersebut..Yupe,tepatnya di akhir Juli...Wahwah tak terasa bukan?


Biasanya,planning yang baik itu muncul berawal dari adanya evaluasi terlebih dahulu..Nah,sebelum bikin planning 'amalan apa aja mau ditingkatkan di ramadhan nanti',ada baiknya kita evaluasi dulu yuuuk isi ramadhan kita tahun lalu,ada apa aja sih?


»Shalat berjamaahnya berapa kali?
»Shalat rawatibnya,banyak nggak?
»Shalat dhuha,terlaksana dengan sukses,tidak?
»Shalat qiyamul lail (tahajud),lumayan di semua malamkah?
»Shalat Tarawih,InsyaAllah nggak ketinggalan juga donk?
»Tilawah..Berapa kali khatamnya?
»Tadabur qur'annya,udah sampai bikin otak penuh ma'rifat belom?
»Hafalan qur'annya,nambah nggak?
»Hafalan Hadist,udah nyampe mana nih?
»Infaq shadaqah...Ayo udah berapa cobaa?


Hmm itu sedikit contoh poin-poin evaluasi yang mungkin bisa jadi referensi, walaupun kalau dilihat-lihat contoh di atas itu baru ibadah yang satu jalur aja (maksudnya ibadah pure dilakukan oleh kita dan diberikan untuk Allah), ada juga lho ibadah lain yang melibatkan orang lain,misalnya: Mencari rizki yang halal (bekerja), pergi menuntut ilmu (eits yang ini nggak pake scene culik-culik ya), menolong sesama, tersenyum (ini ibadah paling mudah paling murah namun paling sering orang lupa),dsb,dll..


Sahabat, kalau ditanya, apa-apa saja sih kegiatan yang bisa mendatangkan pahala, jawabannya semua kegiatan di dunia ini semuanya mendatangkan pahala jika dilakukan sesuai tuntunan..Jadi,jangan pernah takut untuk mengerjakan hal-hal manfaat..


Ada yang berpendapat, evaluasi semacam yang ku contohkan tadi hanya untuk menghitung pahala? Nggak boleh dihitung pahala tuh (kata mereka)...Betul memang,pahala nggak boleh dihitung karena itu akan bikin takabur,cumaaa,evaluasi itu penting buat kita mengukur seberapa efektifkah hari-hari di ramadhan kita. Monggo jika punya cara lain. Karena aku hobinya mengukur dan menetapkan target,jadi menurutku evaluasi semacam itu penting untukku.


Suksesnya hari-hari pascaramadhan itu bergantung dari bagaimana hari-hari di ramadhan kita lalui, Suksesnya ramadhan kita bergantung dari bagaimana kita menyiapkan diri untuk menjadi yang terbaik di ramadhan itu.


Wallahualam bishawab..Yuukkk Semangat berbenah ^__^


NB:
-rawatib: shalat sunah yang dilakukan sebelum/sesudah shalat fardu
-qiyamul lail: shalat di 1/3 malam,tahajud
-khatam: membaca alqur'an dari juz1-juz30
-tadabur: memahami makna dari ayat alqur'an,boleh translasinya,boleh juga maksud dan pembahasannya(misalnya yang ditulis oleh para ulama,semisal: Quraish shihab)
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

3 comments

3 May 2011 at 08:54

Ramadhan sebentar lagi alhamdulillah semoga kita semua bisa mengikuti ibadah ini.......:)

3 May 2011 at 09:10

Semoga kita bisa melaksanakan sunnah² dan amalan² di bulan Suci Ramadhan

3 May 2011 at 17:15

yup bentar lagi dah Rajab.. Sya'ban.. Ramadhan... siapin diri siapin jasad dan ruh.. biar fit pas Ramadhan... n moga qt dsampaikan pada Bulan penuh ampunan itu.. aamin. salam kenal vi.. syukran dah kunjungi blog zeni :)

Post a Comment
Back to Top